Pesona Keindahan Pantai Baron

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarata . Berjarak 65 km dari arah Yogyakarta atau 20 km ke arah selatan Wonosari.

Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km daeri pusat kota Yogyakarta asal mula nama Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber. Bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di pantai selatan tepatnya di pantai yang saat ini terkenal dengan sebutan Pantai Baron.

Pantai Baron merupakan satu diantara pantai pantai yang dapat kita kunjungi sebelum melihat pantai yang lain yang terdapat di seputaran wilayah pesisir ini seperti Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Krakal. Pantai Drini dan Pantai Sundak dan Pantai Indrayanti.

Keunikan Pantai Baron adalah adanya sunga bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Sungai bawah tanah tersebut mengalir ke arah laut dan membentuk sebuah sungai. Uniknya sungai bawah tanah yang ada di Pantai Baron adalah rasa airnya yang tawar meskipun berada sangat dekat dengan laut.Pengunjung yang tidak berani bermain dan berenang di laut dapat bermain air dan berenang dialiran sungai bawah tanah tersebut. Pemandangan lain yang ada di Pantai Baron adalah sebuah bukit yang berada di sekitar pantai. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dari atas bukit tersebut.

Pantai ini sebenarnya merupakan teluk yang diapit oleh bukit pasir disisi kanan dan kirinya. Pasir ditempat ini berwarna terhampar di sepanjang bibir pantai. Di pasir-pasit tersebut terlihat berjejer perahu-perahu nelayan yang sering dipakai oleh nelayan untuk melaut mencari ikan. Pantai Baron ini bisa dikatakan merupakan dermaga bagi para nelayan untuk mencari nafkah sehingga di tempat ini terdapat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sebagai sarana untuk menjual hasil tangkapan ikan.

Apabila anda ingin berbelanja ikan ditempat ini, dan dibawa pulang, anda akan mendapatkan ikan yang segar yang berasal dari tangkapan di pantai ini. Tetapi apabila anda ingin mencicipi masakan ikan ditempat ini, areal pantai ini terdapat banyak rumah makan yang dapat anda kunjungi untuk menikmati suasana pantai sambil menikmati masakan olahan laut di tempat ini. Pantai Baron menawarkan keindahan pemandangan pantai indah dan masakan olahan hasil laut yang sangat memanjajakan lidah. Sehingga pantaslah bila pantai ini merupakan tempat yang favorit dari para wisatawan baik wisata domestik atapun manca negara.

Di Pantai Baron ini anda dapat berenang sepuasnya asalkan tidak melewati tanda batas terjauh yang telah ditentukan, karena bagaimanapun pantai Baron ini memiliki ombak yang relatif besar dan berbahaya. Tetapi untungnya pantai ini juga memilki tempat yang landai yang bisa dpergunakan untuk berenang. Setelah berbasah-basah dengan air laut yang asin maka tibalah saatnya anda membersihkan diri dengan menceburkan diri ke muara sungai bawah tanah yang terdapat di pantai ini. Air sungai tersebut tawar dan cukup segar karena masih jauh dari pencemaran yang dilakukan oleh manusia.

Pantai Baron memiliki fasilitas yang tergolong lengkap yang dapat menunjang pariwisata di daerah ini yang meliputi : lahan parkir yang luas, restoran yang menawarkan menu olahan laut, hotel atau penginapan dengan harga terjangkau, camping ground yang berada didaerah sekitar pantai dan area untuk tempat memancing.

No comments:

Post a Comment

Pages