Pantai Kukup Tanah Lotnya Jogjakarta

Gunungkidul memang sudah lama kondang sebagai kabupaten di ujung selatan Jogja yang memiliki deretan pantai menawan. Salah satu pantai di Gunungkidul yang dikenal dengan keindahannya adalah Pantai Kukup yang terletak di timur Pantai Baron. Seperti halnya pantai-pantai gunungkidul yang lain, Pantai Kukup memiliki garis pantai yang ditaburi pasir putih dan hempasan ombak yang jernih.

Garis Pantai Kukup memang tidak terlalu panjang sebab di kanan kirinya dihimpit oleh bebatuan karang. Meski tidak begitu luas seperti Pantai Baron Pantai Kukup tetap menawan untuk dikunjungi dan dijadikan tempat melepas penat. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kukup bisa bermain pasir atau berteduh di gua-gua karang alami yang banyak terdapat di pinggir pantai.

Pantai Kukup memiliki sebuah pulau karang kecil di sisi timur lengkap dengan gardu pandang. Untuk mencapai pulau tersebut wisatawan bisa berjalan kaki menyusuri anak tangga dan menyeberang jembatan. Panorama inilah yang kerap membuat Pantai Kukup disebut sebagi Tanah Lotnya Jogja.

Tanah Lotnya Jogja, begitu orang kerap menyebut Pantai Kukup. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan. Jika di Tanah Lot terdapat sebuah pulau karang dengan pura di atasnya, di sisi timur Pantai Kukup juga terdapat pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan. Bedanya di pulau karang tersebut tidak terdapat pura, melainkan sebuah gardu pandang berukuran sedang yang biasa dijadikan tempat beristirahat pengunjung.

Untuk menuju pulau karang, wisatawan harus menapaki anak tangga dan mendaki bukit kemudian menyeberang melewati jembatan dengan hempasan ombak besar di bawahnya. Dari gardu pandang atau pendopo ini wisatawan bisa menyaksikan hamparan Samudra Hindia dengan ombaknya yang bergulung-gulung menabrak karang. Meski ombaknya besar, di beberapa bagian terdapat hamparan air laut yang tenang. Jika datang pada waktu yang tepat, wisatawan bisa menyaksikan sunrise maupun sunset pantai yang indah dari gardu pandang ini.

No comments:

Post a Comment

Pages