Babi Rusa Babyrousa babyrussa


Hewan yang nama latinnya Babyrousa babyrussa ini mirip sekali dengan babi. Tetapi, ukuran badannya jauh lebih besar dari babi biasa. Babirusa juga punya taring panjang yang mencuat ke atas menembus moncongnya.

Babirusa ini adalah salah satu hewan langka. Hewan ini banyak terdapat di sekitar Pulau Sulawesi, Pulau Togian, Malenge, Sula, Buru dan Maluku.

Babirusa hidup di hutan-hutan hujan tropis. Panjang tubuh sekitar 87 sampai 106 cm, tingginya hanya mencapai 65-80 cm, berat tubuh mencapai 90 kg. Hewan ini suka sekali makan buah-buahan dan tumbuhan seperti mangga, jamur, dan dedaunan.

Babirusa mencari makan pada malam hari, agar terhindar dari binatang buas yang sering menyerang. Sebenarnya babirusa termasuk hewan yang pemalu. Tapi, ia bisa menjadi buas kalau ada yang mengganggunya.

Binatang yang pemalu ini bisa menjadi buas jika diganggu. Taringnya panjang mencuat ke atas, berguna melindungi matanya dari duri rotan. Babirusa betina melahirkan satu sampai dua ekor satu kali melahirkan. Masa kehamilannya berkisar antara 125 hingga 150 hari. Bayi babirusa itu akan disusui selama satubulan, setelah itu akan mencari makanan sendiri di hutan bebas. Selama setahun babirusa betina hanya melahirkan satu kali. Usia dewasa seekor babirusa lima hingga 10 bulan.

Babirusa ini dapat bertahan hingga berumur 24 Tahun. Pada saat sekarang ini babirusa kian sedikit hingga ia termasuk dalam daftar hewan dilindungi.

No comments:

Post a Comment

Pages