Permainan Dam Daman

Pada masa kecil saya sering bermain Dam Daman saat mengisi waktu luang.Sangat asyik dan kadang tegang juga loh... Permainan Dam Daman adalah permainan tradisional yang sangat sederhana .Disamping itu  permainan ini juga melatih kreatifitas dan kecerdasan otak kita. Bandingkan dengan permainan zaman sekarang yang kebanyakan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, seperti Play Station, iPad, atau game-game online, seperti Point Blank. Kebanyakan permainan seperti itu menimbulkan tidak sedikit efek samping, seperti kurangnya kemampuan komunikasi dan gangguan penglihatan.

Permainan dam – daman ini permainan mirip catur. setiap pemain harus bergantian menjalankan pionnya. cuma disini nggak ada skak math. adanya, cuma makan/dimakan. Biasanya anak – anak dalam permainan ini cukup menggunakan kapur kemudian digambarkan di lantai. Kemudian pemain pertama menggunakan batu dan pemain ke dua menggunakan pecahan genteng agar berbeda. Dalam permainan dam – daman semua pion dapat bergerak sama yaitu maju, mundur, serong dan kesamping. Biasanya untuk dapat memakan lawan yang banyak maka harus mengumpan salah satu pion-nya. Saat di beri umpan maka lawan harus memakan dengan cara melompati musuhnya. Permainan ini yang kalah adalah yang habis pion-nya.

Bahan

1. Sebelum bermain siapkan dulu arena permainan Dam-daman ini pada papan, kertas atau apa saja seperti pada gambar di bawah ini.

2. Siapkan buah dam sebanyak 2 x 16 buah. Buah dam bisa dari apa saja terserah kita, bisa dari batu krikil, batu, atau apa saja.
3. Untuk menentukan pemain yang melangkah pertama ditentukan dengan undian atau suit atau tergantung kesepakatan.

Aturan Main

1. Langkah setiap buah dam hanya satu langkah ke depan, samping atau diagonal mengikuti garis, tidak boleh mundur.
2. Untuk memakan buah dam lawan yaitu dengan cara melompatinya (melompat 1 buah dam lawan), boleh beruntun dan boleh mundur (hanya untuk memakan).
3. Apabila lawan tidak mau/lupa memakan buah dam kita (padahal ada kesempatan) maka lawan kena penalti atau Istilahnya “DAM” , apabila terjadi seperti itu kita berhak mengambil 3 buah dam lawan secara gratis dan bebas, pada saat mengambil penalti sebaiknya dipilih dengan benar agar bisa memakan buah dam lawan secara beruntun. Katakan dengan keras kata DAM kepada lawan ketika kejadian seperti itu.
4. Setelah mengambil buah dam lawan ketika terjadi DAM kita boleh melanjutkan langkah.
5. Bila salah satu pihak berhasil menyarangkan buah damnya mengelilingi daerah ekor (segitiga) lawan maka buah dam menjadi buah dam sakti yang bebas bergerak kemanapun sesuai garis.
6. Apabila buah dam kita tinggal 3 buah dam, maka ketiga buah dam tersebut sudah menjadi buah dam sakti yang bebas bergerak kemanapun sesuai garis.
7. Pemain dinyatakan menang bila berhasil menghabisi buah dam lawan.
8. Dinyatakan seri / draw bila buah dam kita dan buah dam lawan menyisa 1 buah dam.

Demikian sedikit ulasan tentang permainan dam-daman. Mari kita lestarikan permainan tradisional yang yang penuh manfaat ini.


No comments:

Post a Comment

Pages