Pesona Jembatan Suramadu

Nama Suramadu yang merupakan singkatan dari nama masing-masing kota. Awal pembangunan jembatan ini sendiri dimulai pada tahun 2003 dan diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri dan setelah tujuh tahun pembangunan ini akhirnya terselesaikan.

Panjang Jembatan Suramadu 5.438 meter menjadikannya jembatan nasional terpanjang di Negara Indonesia. Bahkan Jembatan Suramadu dengan panjang 5.438 meter tercatat sebagai jembatan terpanjang di Asia Tenggara (hingga saat ini), Suramadu-pun diyakini bakal menjadi landmark dan icon Indonesia.Bentuk bangunannya yang mantap dan kokoh menjadi penghubung antara dua pulau.Jembatan yang menghubungkan anatara P.Jawa dan P.Madura ini  dibangun dengan kontruksi konvensional berupa tiang pancang beton dengan bentang tengah berupa konstruksi gantung seperti halnya golden gate di San Fransisco, AS. Saat malam hari maka jembatan ini akan dihiasi oleh lampu-lampu yang menambah kecantikan pemandangan jembatan tersebut. Tidak heran kalau sekarang jembatan ini juga dijadikan salah satu objek wisata yang rupanya sangat terkenal.

Jembatan Suramadu Surabaya ini terdiri dari tiga bagian yaitu jembatan utamanya, jembatan layang, serta jembatan penghubung. Selama pembangunan jembatan ini memakan biaya sekitar 4,5 triliun rupiah. Selama melewati jembatan ini maka anda disuguhkan pemandangan menarik dari Selat Madura apalagi jika anda melintasi jembatan ini saat malam hari. Tidak heran jika jembatan ini menjadi salah satu daya tarik para wisatawan.

No comments:

Post a Comment

Pages