Mengunjungi Makam Putri Campa

Nama Putri Campa tak bisa dilupakan dalam sejarah perkembangan Islam di tanah Jawa. Istri Raja Majapahit Prabu Brawijaya V ini merupakan bibi dari Sunan Ampel dan ibu dari Raden Fatah, Sultan Demak pertama(Babad Tanah Jawi).Namun dalam versi lain Putri Campa adalah adik dari sunan Ampel yang bernama sebenarnya Syarifah Zaenab.Beliau adalah Istri dari Abdullah Umdatudin Sultan dari Campa yang sudah diceraikan dan dinikah kah dengan Brawijaya V atas restu Ibrahim Asmorokondi dan Raden Rahmat.

Mayoritas umat Islam di Indonesia, sangat mengenal sosok Raden Fatah, sultan kerajaan Islam Demak pertama. Namun, Putri CampA dan Prabu Brawijaya V sering dilupakan umat Islam. Sebab, mereka tak pernah dianggap sebagai pemeluk Islam.

Putri Campa sendiri dimakamkan di Dusun Unggahan, Desa/Kecamatan Trowulan Mojokerto. Di pelataran makam ini, terdapat dua makam yang berada di posisi paling atas, yakni Makam Putri Campo dan Prabu Brawijaya V alias Damar Wulan.

Makam Putri Campa sendiri ditandai dengan nisan hanya di bagian kepala saja. Sementara Prabu Brawijaya V ditandai dengan dua nisa di kaki dan kepala. Kedua makam ini terletak di tengah-tengah makam Islam kuno. Selain itu, makam juga sangat dekat sekali dengan Candi Menak Jinggo.

Putri Campo adalah pemeluk agama Islam. Konon, dia diyakini mampu mengajak Prabu Brawijaya V untuk memeluk agama Islam setelah menikahinya. Sebab, dalam ajaran Islam, pernikahan beda agama merupakan larangan.

Dalam Serat Darmogandul Pupuh 20, terdapat riwayat yang menceritakan detik-detik akhir hayat Prabu Brawijaya V. Dalam Serat itu, raja tersohor Majapahit ini meminta dimakamkan sesuai ajaran Islam.

"Banyak yang meyakini beliau adalah pemeluk Islam sebelum meninggal. Banyak sumber sejarah mengatakan Majapahit mulai Islam pada masa Brawijaya V,"

Keterangan bahwa makam Putri Campa bersebelahan dengan makam Brawijaya V pu n masih menyisakan banyak misteri. Karena Sebagai mana kita ketahui bahwa Putri Campa telah diceraikan oleh Brawijya V dan menjai Istri Arya Damar di Palembang.Yang jelas terdapat beberapa versi tentang makam Putri Campa termasuk yang berada di Lasem Tuban. Wallahu a'lam.

No comments:

Post a Comment

Pages