Pesona Alam Dataran Tinggi Dieng : Sumur Jalatunda


Sumur Jalatunda yang di ambil dari cerita pewayangan yang di sebut sebagai Bumi Sapta Pratala

( Bumi Lapis Tujuh ). Di mana dalam Tokoh Pewayangan seperti Nagagini, Antareja dan Antaboga bersemayam di dalamnya

Mitos yang berada di Sumur Raksasa Jalatunda yang konon katanya barang siapa dapat melempar Batu hingga ke ujung dinding sumur maka cita- cita dan harapannya akan tercapai namun semua itu tergantung dengan sugesti masing-masing.

Cerita tersebut juga di awali ketika kita berkunjung menaiki anak tangga yang menuju ke kawasan sumur jalatunda yang terkadang terdapat selisih jumlah sehingga kita hendak menghitung kembali jumlah anak tangga tersebut berubah perhitungan.

Sesuai dengan namanya Jalatunda yaitu berasal dari kata Jala dan Tunda sehingga siapa saja yang mempunyai hajat atau angan-angan jangan pernah untuk menunda kesempatan di lain waktu

Terlepas dari cerita tersebut di atas wisatawan akan di suguhi pemandangan yang indah di sekitar area sumur jalatunda dieng yang berjarak 7 km dari objek wisata inti dieng plateau.

Fasilitas yang terdapat di objek wisata sumur jalatunda seperti : area parkir kendaraan, toilet, shelter atau gardu pandang, dan pedagang kaki lima.

Jangan bayangkan sumur bulat dari batu dengan kerekan timba. Sumur yang terletak di esa Wisata Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara ini memiliki diameter 90 meter. Diduga, Sumur Jalatunda merupakan sebuah kepundan yang terbentuk dari letusan gunung berapi jutaan tahun yang lalu. Kawah atau kepundan ini lalu terisi air sehingga bentuknya menyerupai sumur. Untuk menikmati pesona Sumur Jalatunda, pengunjung sebelumnya harus mendaki 257 anak tangga terlebih dahulu. Hal lain yang membuat Sumur Jalatunda ini menarik adalah mitos bahwa bila kita berhasil melempar batu ke sumur, maka permohonan kita akan terkabul. Namun batunya bukan sembarang batu. Batunya haruslah batu kerikil beralas karung yang dijual oleh anak-anak di sekitar lokasi sumur. Sedikit trik wisata untuk menarik pengunjung, mungkin?

No comments:

Post a Comment

Pages