Makam Sunan Giri





Sunan Giri wafat pada tahun 1506 M, dan dimakamkan diatas bukit dalam cungkup berarsitektur yang sangat unik. Makam Sunan Giri terletak di Dusun Giri Gajah Desa Giri Kecamatan Kebomas berjarak 4 Km dari pusat Kota Gresik.
Komplek makam yang ada di puncak Bukit Giri ini berada di tengah-tengah makam keluarga dan masyarakat Giri. Lokasi tersebut dapat dijangkau denggan mudah oleh transportasi umum, dan dikawasan tersebut tersedia lahan parkir yang memadai, kios-kios aneka souvenir serta terdapat fasilitas penunjang berupa masjid Giri.

Fasilitas yang ada di Makam sunan giri berupa tempat parkir kendaraan peziarah secara khusus, dan di komplek makam terdapat fasilitas penunjang antara lain : masjid giri, dan lain-lain daya tarik wisata dan terdapat pada makam sunan giri antara lain : cungkup makam terbuat dari kayu jati asli, dindingnya terdiri dari panel tumbuh-tumbuhannya.
Sedangkan pintu cungkup terdapat kala makara yang distilir motif tumbuh-tumbuhan. Masih banyak lagi motif arkeology peninggalan padamasa awal agama islam, misalnya gapura pintu masuk makam terbuat dari batu berkepala naga raja.

Secara keseluruhan lingkungan makam ini nampak anggun dan berwibawa. Gapuro (pintu gerbang) berbentuk sepasang naga dengan Candra sangkala yang berbunyi NOGO LORO WANANING TUNGGAL

Benda-benda peninggalan – peninggalan Sunan Giri antara lain :
Pusaka yang sangat bertuah berupa keris bernama kolomunyeng.
Telaga Pegat yang airnya tidak pernah habis walaupun kemarau panjang.
Pohon mengkudu yang buahnya diyakini sebagian orang, memberikan isyarat bagi pasangan yang mendambakan keturunan.
Sajadah (alas sholat)..

No comments:

Post a Comment

Pages