Tari Pendet Bali



Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi "ucapan selamat datang", meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius. Pencipta/koreografer bentuk modern tari ini adalah I Wayan Rindi (? - 1967).

Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara. Tidak seperti halnya tarian-tarian pertunjukkan yang memerlukan pelatihan intensif, Pendet dapat ditarikan oleh semua orang, pemangkus pria dan wanita, dewasa maupun gadis.

Tari Pendet diciptakan kali pertama oleh seorang maestro tarian dari Bali yaitu I Wayan Rindi (1967), I Wayan Rindi ini menjadikan tari pendet juga sebagai penggubah dari tarian sakral yang dapat dipentaskan di pura dalam setiap upacara sakral keagamaan. Asal usul dari tari pendet ini diciptakan ialah untuk tari pemujaan yang banyak dipentaskan di Pura, tempat ibadah umat agama Hindu di Bali, Indonesia. Inti dari gerakan tari pendet ini sebenarnya adalah untuk dijadikan symbol atas penyambutan turunnya dewata ke dalam alam dunia. Namun, seiring dengan adanya perkembangan zaman yang semakin maju, beberapa seniman di pulau Bali mengubah Tari Pendet ini menjadi tarian penghormatan ucapan selamat datang, namun, masih tetap tari pendet mengusung unsur yang sakral serta religius sehingga menjadi ciri tari pendet.

No comments:

Post a Comment

Pages