Anggrek Kelip (Phalaenopsis violacea)



Anggrek Phalaenopsis violacea atau Phalaenopsis bellina.Anggrek yang masih satu genus dengan Anggrek Bulan (Puspa Pesona Indonesia) ini, terkenal dengan aroma wangi yang khas dan memikat.

Nama latin tumbuhan ini, Phalaenopsis violacea, kerap lebih dikenal. Meskipun oleh beberapa kalangan pencinta anggrek, anggota Orchidaceae ini terkadang disebut dengan nama lokal anggrek kelip. Meskipun nama yang sama kerap juga dipakai untuk saudara dekat anggrek ini, Phalaenopsis bellina.

Kata ‘violacea‘, nampaknya merujuk pada warna sepal dan petalnya yang berwarna violet. Phalaenopsis violacea H.Wittemempunyai beberapa nama sinonim yaitu : Polychilos violacea (H.Witte) Shim, Stauritis violacea (H.Witte) Rchb.f, dan Stauropsis violacea (H.Witte) Rchb.f.

Anggrek Phalaenopsis violacea merupakan tumbuhan asli Indonesia. Secara alami tumbuh di Semenanjung Malaka dan Indonesia. Di Indonesia anggrek jenis ini dapat dijumpai di pulau Sumatera, Mentawai, Simeulue, dan Kalimantan.

Phalaenopsis violacea merupakan salah satu anggrek langka. Meskipun banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias, namun di habitat liarnya terancam. Tumbuhan ini oleh IUCN Red List dikategorikan sebagai spesies Vulnerable (Rentan Punah). Ancaman terhadap spesies asli Indonesia ini lebih diakibatkan oleh rusaknya habitat baik oleh deforestasi maupun kebakaran hutan.

No comments:

Post a Comment

Pages